Pertanyaan :

  1. Carilah perbedaan antara iLearning dan eLearning
  2. Berikan keuntungan dan kelemahannya masing-masing

Status : Alhamdulillah selesai 100%

Keterangan : Alhamdulillah Nesti dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik, dengan membaca banyak sumber. Sehingga mendapat ilmu baru mengenai perbedaan iLearning dan eLearning.

Bukti :

Carilah perbedaan antara iLearning dan eLearning

iLearning :

  • Pada dasarnya istilah iLearning (Integrated Learning) berasal dari pemikiran perkembangan Teknologi iPad diPerguruan Tinggi Raharja, Belajar, Bermain, Berdoa dan Bekerja. Perkembangan secara efisien, praktis dan menyenangkan sehingga membuat mahasiswa/i menjadi lebih atractive dan semangat dalan belajar dengan  didukung teknologi yang mempermudah jangkauan mahasiswa/i dalam melakukan interaksi Dengan demikian, pengertian terhadap keempat unsur-unsur pokok ini akan sangat membantu dalam memahami iLearning.
  • I-learning terdiri dari dua bagian, yaitu ‘i’ yang merupakan singkatan dari ‘interaktif atau bisa juga Ipad’ dan ‘learning’ yang berarti ‘pembelajaran’. Jadi ilearning berarti pembelajaran interaktif dengan menggunakan Ipad.
  • I-Learning “Merupakan suatu metode sistem pembelajaran yang sedang disiapkan oleh Perguruan Tinggi Raharja dalam upaya memberikan pelayanan prima kepada seluruh mahasiswa/i dalam bentuk service excellence sebagai kampus unggulan”.
  • iLearning adalah setiap waktu senang- senang, setiap waktu belajar, lebih banyak fun lebih banyak belajar (M.Yusup, 2011).
  • iLearning merupakan gagasan yang dicetuskan pada tahun 2011 oleh Untung Rahardja
    sebagai Ketua REC (Raharja Enrichment Center) Perguruan Tinggi Raharja, bahwasannya akan dibuatnya sebuah revolusi untuk sistem pembelajaran yang ada.

eLearning :

  • e-learning adalah pembelajaran jarak jauh yang menggunakan teknologi komputer, atau biasanya Internet (The e-learning Question and Answer Book, 2003).
  • E-Learning itu sendiri adalah E-learningsebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronika (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi atau bimbingan (Henderi 2011:319).

Perbandingan antara I-Learning dan E-Learning yang Nesti dapat dari >Link<

Berikan keuntungan dan kelemahannya masing-masing

I-Learning :

keuntungan :

  1. Dapat berkomunikasi menggunakan email kepada banyak orang tanpa harus bertemu.
  2. Memudahkan dalam hal perkuliahan. Misalnya bertanya dengan dosen yang sangat sibuk menggunakan email.
  3. Tidak bosan dalam mengerjakan tugas.
  4. Suasana kelas jauh lebih nyaman dan menyenangkan.

Kelemahan :

  1. Harus ada internet, apabila tidak ada maka tidak dapat digunakan.

 

E-Learning :

Keuntungan :

  1. e-learning memberikan fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses pelajaran. Siswa tidak perlu mengadakan perjalanan menuju tempat pelajaran disampaikan, e-learning bisa diakses dari mana saja yang memiliki akses ke Internet.
  2. Banyak biaya yang bisa dihemat dari cara pembelajaran dengan e-learning. Biaya di sini tidak hanya dari segi finansial tetapi juga dari segi non-finansial.

Kelemahan :

  1. Kurang efektifitas. Alat-alat pendukung yang sudah canggih terdapat didalam kelas tetap saja tidak mengurangi angka ketidakhadiran mahasiswa.
  2. Banyak yang bosan dengan metode pembelajaran yang monoton.

Sumber :

  1. https://docplayer.info/32818306-Penggunaan-metode-ilearning-untuk-meningkatkan-kualitas-pembelajaran-di-perguruan-tinggi.html
  2. https://ernifitriyani.wordpress.com/2014/09/24/belajar-dengan-metode-i-learning/
  3. https://widuri.raharja.info/index.php?title=ILearning#:~:text=Istilah%20iLearning%20mengandung%20pengertian%20bahwa,service%20excellence%20sebagai%20kampus%20unggulan%E2%80%9D.
  4. http://ul301.ilearning.me/2015/02/17/apa-sih-i-learning-itu/
  5. http://ul301.ilearning.me/2015/02/17/apa-sih-i-learning-itu/
  6. https://pmb.raharja.ac.id/apa-sih-ilearning-itu/
  7. https://ilearning.me/ilearning-2/