iLearning & eLearning

3 months of Covid: Learning Digitally | State of Affairs™

Penjelasan :

E-Learning, yaitu proses belajar yang difasilitasi dan didukung melalui pemanfaatan TIK (Martin Jenkins & Janet Hanson, Generic Center, 2003). Istilah e-Learning tidak hanya hanya dapat digunakan untuk pemelajaran yang menggunakan variabel jarak atau perbedaan geografis antara siswa dan pengajar, namun dapat pula digunakan untuk menyebut proses pemelajaran yang menggunakan setiap bentuk media elektronik.

I-learning terdiri dari dua bagian, yaitu ‘i’ yang merupakan singkatan dari ‘interaktif atau bisa juga Ipad’ dan ‘learning’ yang berarti ‘pembelajaran’. Jadi ilearning berarti pembelajaran interaktif dengan menggunakan Ipad.

Lebih jelasnya lagi akan di uraikan, yaitu :

  1. E-Learning : menggunakan perangkat dasar yg menjadi alat utama dan sarana utama yaitu contoh e-learning bisa dikatakan edmodo, yang digunakan untuk sekelompok orang atau group atau kelas dari pembelajaran berbasis ruang lingkup.
  2. Ilearning : dapat menggunakan smartphone atau perangkat lainnya secara multi fungsi, contoh i-learning yaitu ilearning.me secara online flexible dan mencakup lebih luas dari elearning.

Keuntungan eLearning :

  1. Membangun Komunitas : Pembelajaran adalah proses sosial. Siswa dapat belajar saling tukar informasi satu dengan yang lain seperti dengan instruktur. Dapat diciptakan interaksi yang bersifat real time maupun non-real time.

Kekurangan e Learning :

  1. Materi yang diajarkan dalam e-learning direspon berdasarkan tingkat pemahaman yang berbeda-beda, tergantung kepada kemampuan si pengguna. Beberapa orang mungkin dapat menangkap materi dengan lebih cepat hanya dengan membaca, namun ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama sampai benar-benar paham. Bahkan ada juga yang membutuhkan penjelasan dari orang lain agar dapat memahami materi yang dipelajari.

Keuntungan iLearning :

  1. Adanya fasilitas yang disebut dengan E-Moderating yang dimana pengajar dan siswa dapat saling berkomunikasi dengan mudah dan cepat.

Kekurangan iLearning :

  1. Proses pembelajaran akan cenderung mengarah kepada pelatihan bukan mengarah pada pendidikan.