Assalamualaikum perkenalkan nama saya Miftah Baidhowi Hakim, kali ini saya akan menjelaskan apa yang saya dapat setelah menonton video ini, di video ini ada sebuah keluarga salah satu WNI negara kita yang sedang melakukan jalan keluar negeri negara bagian eropa yaitu JERMAN dalam 100 hari dengan menggunakan kendaraan mobil isi 6 orang, namanya Abraham Houtman salah satu kepala keluarga tsb.

Kisah ini sangat menginspirasi buat saya. Kenapa?, karena keluarga tersebut keluar negeri menggunakan mobil pasti tidak langsung sampai ke negeri yang di tuju, ia akan melewati berbagai negara di asia dan eropa dengan beragam suku budayanya, bagaimana berbicara dengan orang bahasa dan negara yang berbeda beda terutama pedesaan yang rata rata tidak bisa berbahasa inggris, dan keluarga tersebut melewati negara konflik salah satunya ialah negara IRAN ternyata “Apa yang orang lihat di media sosial tidak seperti apa yang terjadi sebenarnya”, bahkan disambut dengan sangat baik oleh warga negara  IRAN. Singkat cerita sampai di Jerman pun diapresiasi oleh warga sekitar.

 

Maka dari itu saya belajar bagaimana merubah pola pikir yang lebih positif, yang lebih baik supaya ketika melihat berita diberbagai media sosial kita jangan terlalu terpaku oleh media sosial karena tidak dijamin 100% akurat.