Pertanyaan:

Ikuti 3 (Tiga) langkah yang ada di bawah ini, pastikan kalian memahaminya 1 per 1 untuk menghindari kesalahan dalam pengerjaan tugasnya:

  1. Carilah perbedaan antara iLearning dan eLearning
  2. Berikan keuntungan dan kelemahannya masing-masing

Status: 100%

Keterangan: Saya sudah mengerjakan tugas ini sampai tuntas

Bukti:

PERBEDAAN ANTARA E-LEARNING & I-LEARNING

E-Learning, yaitu proses belajar yang difasilitasi dan didukung melalui pemanfaatan TIK (Martin Jenkins & Janet Hanson, Generic Center, 2003). Istilah e-Learning tidak hanya hanya dapat digunakan untuk pemelajaran yang menggunakan variabel jarak atau perbedaan geografis antara siswa dan pengajar, namun dapat pula digunakan untuk menyebut proses pemelajaran yang menggunakan setiap bentuk media elektronik.

I-learning terdiri dari dua bagian, yaitu ‘i’ yang merupakan singkatan dari ‘interaktif atau bisa juga Ipad’ dan ‘learning’ yang berarti ‘pembelajaran’. Jadi ilearning berarti pembelajaran interaktif dengan menggunakan Ipad.

Untuk lebih jelasnya lagih saya jelaskan disini:

  1. E-Learning : menggunakan perangkat dasar yg menjadi alat utama dan sarana utama yaitu contoh e-learning bisa dikatakan edmodo, yang digunakan untuk sekelompok orang atau group atau kelas dari pembelajaran berbasis ruang lingkup.
  2. Ilearning : dapat menggunakan smartphone atau perangkat lainnya secara multi fungsi, contoh i-learning yaitu ilearning.me secara online flexible dan mencakup lebih luas dari elearning.

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI

I-LEARNING & E-LEARNING

Pertama, I-Learning

Keuntungan I-Learning:

Adanya fasilitas yang disebut dengan E-Moderating yang dimana pengajar dan siswa dapat saling berkomunikasi dengan mudah dan cepat.

Kekurangan I-Learning:

Proses pembelajaran akan cenderung mengarah kepada pelatihan bukan mengarah pada pendidikan.

 

Kedua, E-Learning

Keuntungan E-Learning:

Kapan saja, dimana saja : Dapat diakses dari lokasi mana saja dan bersifat global. Elearning menghilangkan batasan waktu dan tempat dengan karakteristik kelas tradisonal dengan menggunakan mode komunikasi asynchronous seperti email, diskusi online, mahasiswa dapat mengakses 24 jam setiap hari.

Kekurangan I-Learning:

Berubahnya peran guru dan yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional, kini juga dituntut mengetahui teknik pembelajaran yang menggunakan ICT.