1. Pertanyaan :

  1. Carilah perbedaan antara iLearning dan eLearning
  2. Berikan keuntungan dan kelemahannya masing-masing

2. Status : 100% selesai

3. Keterangan : sudah mengerjakan tugas  iLearning&eLearning dengan baik dan benar

4. Bukti :

1. Carilah perbedaan antara iLearning dan eLearning

E-Learning, yaitu proses belajar yang difasilitasi dan didukung melalui pemanfaatan TIK (Martin Jenkins & Janet Hanson, Generic Center, 2003). Istilah e-Learning tidak hanya hanya dapat digunakan untuk pemelajaran yang menggunakan variabel jarak atau perbedaan geografis antara siswa dan pengajar, namun dapat pula digunakan untuk menyebut proses pemelajaran yang menggunakan setiap bentuk media elektronik.

I-learning terdiri dari dua bagian, yaitu ‘i’ yang merupakan singkatan dari ‘interaktif atau bisa juga Ipad’ dan ‘learning’ yang berarti ‘pembelajaran’. Jadi ilearning berarti pembelajaran interaktif dengan menggunakan Ipad.

2. Berikan keuntungan dan kelemahannya masing-masing

 

  • keuntungan eLearning :

pastinya media pembelajaran menjadi lebih menarik bagi peserta didik. Pada era teknologi komunikasi dan informasi yang berkembang dengan pesat ini, e-learning menjadi alternatif pilihan untuk diterapkan dalam pembelajaran. dan kegiatan pembelajaran Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan cepat

  • kelemahan eLearning :

 

  • Interaksi secara langsung antara pengajar dan siswa akan berkurang.
  • Proses pembelajaran akan cenderung mengarah kepada pelatihan bukan mengarah pada pendidikan.
  • Akan mengabaikan aspek akademik atau sosial dan sebaliknya dapat mendorong aspek komersial.

 

  • Keuntungan iLearning :
  1. Universal access, yaitu semua orang dapat mengakses web dengan web browser artinya semua orang dapat menyampaikan suatu materi dari mana saja dan kapan saja di seluruh dunia.
  2. Easy of use, internet dan intranet mudah digunakan, mudah dijangkau pengguna secara luas dengan pengalaman komputer yang terbatas sekalipun.
  3. Multimedia content, yaitu teknologi ini mendukung multimedia sehingga isinya dapat lebih menarik serta dapat memfasilitasi cara belajar pengguna dengan gaya belajar yang berbeda-beda.
  • Kelemahan Ilearning :
  1. Proses belajar dan mengajarnya cenderung ke arah pelatihan daripada pendidikan.
  2. Berubahnya peran guru dari yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional, kini juga dituntut mengetahui teknik pembelajaran yang menggunakan ICT.
  3. Kurangnya interaksi antara guru dan siswa atau bahkan antar siswa itu sendiri. Kurangnya interaksi ini bisa memperlambat terbentuknya values dalam proses belajar dan mengajar.